Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bersama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengadakan kegiatan kemah penguatan pendidikan karakter siswa SMA di Palace Hotel, Cipanas, Jawa Barat. (Foto: Nurul/Humas Kwarnas)

Cipanas -Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bersama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengadakan kegiatan kemah penguatan pendidikan karakter siswa SMA di Palace Hotel, Cipanas, Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti sebanyak 307 siswa SMA se-Indonesia dan akan berlangsung 24-27 November 2016.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kak Purwadi Sutanto, mengatakan kegiatan kemah penguatan pendidikan karakter siswa SMA bertujuan membentuk kepribadian siswa yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

Selain itu siswa juga diharapkan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kegiatan ini adalah bagian dari proses untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Begitu pentingnya penguatan karakter bagi para generasi muda, tentu hal ini adalah upaya menyambut Indonesia Emas pada tahun 2045 nanti. Kedepan, mereka inilah yang akan meneruskan kepemimpinan di negeri ini,” kata Kak Purwadi Sutanto.

Kak Purwadi Sutanto juga mengungkapkan mengapa Kemdikbud RI menggandeng Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam agenda penting ini. Menurutnya, Gerakan Pramuka adalah wadah tepat untuk membangun dan menumbuhkan nilai-nilai budi pekerti bagi para generasi penerus.

“Pramuka adalah suatu gerakan yang dari dulu sudah teruji dan ampuh sekali untuk membawa adik-adik kita ini, terutama untuk membangun atau menumbuhkan budi pekerti atau pendidikan karakter,” lanjutnya.

Sementara itu, Kak Yusak MS selaku salah satu pimpinan tim fasilitator kegiatan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka berharap, dengan adanya kemah penguatan pendidikan karakter ini siswa mampu meningkatkan kepedulian kakak-kakak peserta agenda ini sehingga akan menjadi teladan baik bagi orang-orang yang ada di sekitar.

“Tentu Kita berharap setelah kegiatan ini dapat menambah semangat rasa kepedulian kepada lingkungan, kepada sesama dan kepada diri sendiri, serta tidak meracuni diri sendiri dengan minum-minuman keras dan zat berbahaya lainnya. Tentu ini akan menjadi contoh teladan yang baik bagi peserta. Saya juga berharap nantinya mereka akan menjadi agen perubahan dalam penguatan pendidikan karakter,” katanya.

Rencananya, kemah ini akan dibagi menjadi 2 angkatan. Angkatan ke-I pada 24-27 November 2016 dan angkatan ke-II pada 29 November 2016 – 2 Desember 2016 di Palace Hotel, Cipanas – Jawa Barat. Masing-masing angkatan dihadiri oleh 17 Kwarda, sehingga dari dua angkatan tersebut akan ada 34 Kwarda yang terlibat dalam pelaksanaan agenda ini. (Nurul/Humas Kwarnas)

Kirim Komentar

Agenda Kegiatan

No results found.

FACEBOOK

Twitter

adhyaksadault.info-kartun adhyaksa Olah Raga 3
Read previous post:
1500 PRAMUKA MENGIKUTI JAMBORE DI MALAYSIA, KETUA KWARNAS GERAKAN PRAMUKA: JANGAN MINDER, PERDALAM WAWASAN KEINDONESIAAN DAN BANGUN JARINGAN

JAKARTA - 1500 Pramuka mengikuti 13th Malaysian Scout Jamboree, di Batu Metropolitan Park, Kuala Lumpur, Malaysia, 25 November 2016 –...

Close