PRAMUKA.OR.ID, JAKARTA – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menggelar kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2017 di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur 22-24 Februari 2017. Kegiatan ini diikuti oleh para utusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka seluruh Indonesia, para Andalan Nasional (Annas) dan juga Dewan Kerja Nasional (DKN).

Ketua Kwarnas, Kak Adhyaksa Dault mengatakan, Rakernas rutin diadakan setiap tahun untuk merumuskan perencanaan program kerja tahun 2017 /2018, sekaligus untuk melakukan evaluasi tentang beberapa program yang sudah dijalankan, sehingga ke depan Pramuka bisa menjadi lebih baik.

‎”Jadi Rakernas ini adalah agenda yang dilakukan oleh Kwarnas Gerakan Pramuka, dimana kita menyatukan visi dan misi kita setiap tahun. Kita kemudian berkumpul dengan Ketua-ketua Kwartir Daerah Pramuka, dan juga Kwarnas serta Andalan Nasional,” ujar Kak Adhyaksa, di Cibubur, Jakarta Timur, Rabu ( 22/2/2017).

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini menuturkan, Rakernas rencananya akan dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kak Puan Maharani yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Harian Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka.

“Karena itu, kegiatan ini harus bisa dijadikan sebagai media untuk berdiskusi, bertukar pikiran antara Kwarnas dengan perwakilan pengurus Kwarda di daerah, sehingga nanti bisa keluar ide dan program-program yang baik untuk kemajuan Pramuka,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarnas Bidang Organisasi dan Hukum, Kak Kodrat Pramudho mengatakan, Rakernas ini dibagi menjadi empat komisi. Pertama Komisi Pendidikan Kepramukaan, Kedua Komisi Organisasi dan Manajemen, Ketiga Komisi Profile Gerakan Pramuka, Keempat Aset dan Kerjasama.

Salah satu agenda penting yang akan dibahas adalah revisi Undang-Undang No.12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka, yang naskah akademiknya sudah diserahkan kepada Komisi X DPR pada 3 Desember 2015 lalu. Kwarnas menginginkan revisi UU Pramuka masuk dalam Prolgenas 2018.

Selain itu, juga akan dibahas mengenai pengelolaan aset Gerakan Pramuka berupa, gedung, tanah dan bangunan lain. Tujuannya agar Gerakan Pramuka bisa mandiri, tidak hanya tergantung pada dana-dana yang bersumber dari APBN. “Di Komisi Pendidikan, kita juga akan membahas upaya peningkatan mutu pendidikan kepramukaan, ” ujarnya.

Tidak hanya itu, Rakernas juga akan membahas mengenai persiapan Raimuna Nasional ke-XI yang akan dilaksanakan pada 13-21 Agustus 2017. Rainas adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dalam bentuk perkemahan besar, dan akan diikuti 15.000 peserta dari seluruh Indonesia dan peserta luar negeri.

“Kita juga akan membahas mengenai Lomba Tingkat V (LT-V)‎. LT-V ini adalah perlombaan Pramuka tingkat nasional yang diambil dari anggota Pramuka terbaik di daerah atau masing-masing provinsi,” ujarnya.

Berikut Pembahasan lengkap dalam Sidang Komisi‎ Rakernas.

1. Komisi Pendidikan Kepramukaan.
Pembahasannya menyangkut, peningkatan mutu pembina, pelatih, dan peserta didik, penguatan Pusdiklatnas, partisipasi kegiatan Pramuka di luar negeri. ‎

2. Komisi ‎Organisasi dan Manajemen.
Pembahasannya ‎menyangkut, penguatan karakter gugusdepan, sinkronisasi dan penyederhanaan Jukran, dan revisi UU No 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

3. ‎Komisi Profile Gerakan Pramuka.
Pembahasannya menyangkut, rebranding dan volunteering dan data keanggotaan Pramuka. Rebranding adalah salah satu dari empat fokus Gerakan Pramuka yang dicanangkan oleh Kak Adhyaksa Dault.

4. Komisi Aset dan Kerjasama.
Pembahasannya menyangkut networking dan partnership dengan beberapa pihak seperti pemerintah, swasta, dan organisasi masa terkait pembinaan generasi muda.

Kak Kodrat menambahkan dalam Rakernas nanti juga akan ada MOU antara Kwarnas Gerakan Pramuka dengan Badan POM tentang peningkatan pengawasan makanan, dan dengan BRI Syariah kaitannya dengan gerakan menabung untuk haji dan umroh. (HA/Humas Kwarnas)

Kirim Komentar

Agenda Kegiatan

No results found.

FACEBOOK

Twitter

adhyaksadault.info-kartun adhyaksa Olah Raga 3
Read previous post:
Rakernas Akan Bahas Percepatan Revisi UU Gerakan Pramuka

ADHYAKSADAULT.INFO, JAKARTA - Bidang organisasi dan manajemen Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan membentuk sidang kelompok untuk membahas percepatan revisi Undang-undang...

Close