Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, ADHYAKSADAULT.INFO – Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kak Dody Ruswandi menyambut baik kegiatan Raimuna Nasional (Rainas) XI yang diselenggarakan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Ia menyatakan, pihaknya siap mendukung kegiatan lima tahunan ini.

Hal itu disampaikan Kak Dody saat menerima kunjungan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka di kantornya, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Selasa (25/7). Dalam pertemuan itu, Kwarnas diwakili Sekretaris Jenderal Kwarnas Kak Rafly Effendi, Andalan Nasional Kwarnas Bidang Abdimasgana Kak Eko Sulistio dan Kak Hasyim Nasution, serta Dewan Kerja Nasional (DKN) Gerakan Pramuka Kak Yolanda.

“Kalau untuk Pramuka kami selalu siap. Pramuka dan BNPB ini pada dasarnya saling mendukung,” ujar Kak Dody.

Bantuan konkret ditawarkan BNPB kepada Kwarnas untuk agenda Raimuna Nasional. Kak Dody menyebut, pihaknya siap meminjamkan tenda, menyiapkan dapur umum, pasukan Tagana, dan beberapa peralatan penting yang diperlukan, termasuk juga mengutus tim untuk pelatihan seputar penanganan bencana di lokasi.

“Jadi poin-poin yang tadi disampaikan oleh Kwarnas kami siap untuk mendukung. Beberapa di antaranya kita sudah invetarisir untuk disiapkan,” jelasnya.

Menurutnya, dukungan yang menjadi prioritas BNPB adalah pemberian pelatihan penanganan bencana kepada para peserta. Apalagi, peserta Rainas lebih gampang dilatih karena sudah memasuki usia muda, yakni 16-22 tahun. “Di tahap usia itu kita lebih mudah memberikan pemahaman tentang kebencanaan yang sekupnya luas,” terangnya.

Kak Dody menjelaskan, saat terjadi bencana banyak relawan yang terjun ke lapangan bersama BNPB. Termasuk Pramuka yang tidak pernah absen dari kegiatan Pramuka Peduli. Hanya saja problemnya, lanjut dia, banyak relawan yang tidak tahu posisi mereka secara organisasi pada saat membantu penanganan bencana.

“Kita ingin jelaskan penataan dan penanggulangan bencana secara organisasi di Indonesia itu seperti apa. Siapa saja yang bisa terlibat. Kita juga bisa memberikan teknik dasar atau penanganan sebelum bencana, saat bencana, dan setelah bencana,” terangnya.

Diketahui, Rainas akan diikuti 15.000 peserta dari 34 provinsi dan 514 kota se-Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, pada 13-21 Agustus 2017. Rencananya, acara pembukaan akan dihadiri Presiden Joko Widodo. (HA/AK)

Kirim Komentar

Agenda Kegiatan

No results found.

FACEBOOK

Twitter

adhyaksadault.info-kartun adhyaksa Olah Raga 3
Read previous post:
MoU Kwarnas dengan BNPB akan Diperpanjang

JAKARTA, ADHYAKSADAULT.INFO - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sepakat untuk memperpanjang kembali MoU dengan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka tentang Penanggulangan Bencana...

Close