Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, ADHYAKSADAULT.INFO – Kemendikbud bekerjasama dengan Kwarnas Gerakan Pramuka menggelar Lomba Gugus Depan Unggul dan Festival Penggalang Ceria SD Tingkat Nasional di Grand Mulya Hotel and Convention, Bogor tanggal 17-21 Oktober 2017. Bukan hanya orang dewasa, peserta didik yang notabene Penggalang juga berpartisipasi dalam lomba ini.

“Peserta dewasa akan berkompetisi presentasi best practices pengelolaan Gudep, pameran keunggulan Gudep, dan presentasi pengembangan Gudep ke depan agar lebih unggul. Peserta didik akan berlomba keterampilan berkemah dan ketangkasan Pramuka, seni dan teknologi, literasi, dan penggunaan IT dalam Festival Penggalang Ceria,” kata Tim Penilai Verifikasi Lomba, Kak Mohammad Roem saat dihubungi, Jumat (6/10).

Sebelumnya, melalui SK Direktur Pembinaan SD nomor 2067/D2/KP/2017, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud telah mengumumkan 34 SD yang akan berlomba menjadi Gudep Unggul Tingkat Nasional 2017. Mereka merupakan Gudep Unggul Tingkat Provinsi.

Setiap Gudep diwakili 21 orang, dengan perincian: 1 Kamabigus, 1 pembina putra, 1 pembina putri, 1 perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi, 1 perwakilan Kwarda, 8 penggalang putra, dan 8 penggalang putri.

Ada 12 macam lomba dalam Festival Penggalang Ceria ini, yaitu:

1. Tata Laksana Perkemahan
2. Pionering Gapura Perkemahan
3. Sandi dan Isyarat
4. KIM
5. Yell Ceria
6. Sirkuit Ketangkasan
7. Teknologi Tepat Guna (TTG)
8. Kuis Ceria Siap Sedia
9. Membuat Poster
10. Menulis Logbook
11. Kemampuan TIK
12. Ilmu Menaksir. (MSA/AK)

Kirim Komentar

Agenda Kegiatan

No results found.

FACEBOOK

Twitter

adhyaksadault.info-kartun adhyaksa Olah Raga 3
Read previous post:
Ini Beda LT-V Gerakan Pramuka Dibanding Lomba-lomba Lainnya

JAKARTA, ADHYAKSADAULT.INFO - Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan menggelar Lomba Tingkat V atau LT-V di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta...

Close