JAKARTA, ADHYAKSADAULT.INFO – Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault terus mendorong dan memotivasi kaum muda seperti mahasiswa agar memiliki semangat kepemimpinan. Kali ini, semangat itu ia tularkan dalam Seminar Kebangsaan dengan tema “Pemuda Muslim dan Persatuan Umat” di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Senin (16/10) siang.

“Seseorang bisa jadi pemimpin karena dia bisa memengaruhi orang lain. Cara agar bisa memengaruhi orang lain itu situasional. Itu harus kamu pelajari,” kata Adhyaksa Dault di hadapan peserta seminar.

Seminar Kebangsaan ini dihadiri sekitar 250 mahasiswa UNJ. Mereka antusias mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Dakwah Kampus (LDK) UNJ di Aula Latief Hendradiningrat, Gedung Dewi Sartika lantai 2 tersebut.

Memengaruhi orang lain, lanjut Adhyaksa, bukan dengan cara mengatakan ini dan itu bid’ah, haram, dan lain-lain. Menjadi pemimpin haruslah berbicara baik-baik. “Jadilah pemimpin yang dicintai, seperti kepemimpinan Rasulullah,” harapnya.

Adhyaksa menambahkan, tantangan bangsa Indonesia saat ini begitu berat. Ada empat hal yang mengubah wajah dunia, yakni: industri, investasi, invidualis, dan informasi.

“Orang yang individualis itu seperti orang masuk lift, tujuannya ingin cepat sampai tapi tidak ada komunikasi dengan yang lain. Anak-anak (kaum muda, red) juga demikian,” terang Ketum DPP KNPI 1999-2002 tersebut.

Sementara itu, Pipin Sopian, Tenaga Ahli anggota Komisi II DPR RI mengungkapkan, pemuda mempunyai tantangan di setiap masanya. Ia mencontohkan, banyak pemuda lebih suka pacaran, menghabiskan waktu dengan game online, tawuran, dan lain-lain.

“Padahal, pemuda adalah usia potensial. Banyak tokoh-tokoh yang berhasil membawa perubahan adalah pemuda. Ini bukanlah dongeng, tapi riil,” papar narasumber kedua tersebut.

“Kajian seminar ini sangat relevan dengan situasi dan kondisi, sehingga perlu ada renungan bersama. Saya harap, semoga bisa memberikan perkembangan kepada lembaga, agama dan bangsa Indonesia ke depannya,” pungkas Pembina LDK UNJ, Asep Supena. (MSA/AK)

Kirim Komentar

Agenda Kegiatan

No results found.

FACEBOOK

Twitter

adhyaksadault.info-kartun adhyaksa Olah Raga 3
Read previous post:
Gali Potensi Jurnalis, Kwarnas Gelar Lomba Video Reportase di LT-V

JAKARTA – Lomba Tingkat Lima (LT-V) Gerakan tak lama lagi segera digelar. Sebanyak 528 Pramuka Penggalang terbaik dari seluruh penjuru...

Close