Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA – Perkemahan Putri Tingkat Nasional (Perkempinas) IlI Tahun 2017 bakal digelar tanggal 19-24 November 2017 di Bumi Perkemahan Pantai Manggar, Balikpapan, Kalimantan Timur. Dalam perkemahan khusus putri ini, peserta akan mendapat berbagai pelatihan, salah satunya pelatihan kewirausahan.

Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Bina Anggota Muda Kak Budi Prayitno mengatakan, pelatihan wirausaha sengaja diadakan agar banyak anak muda yang memiliki semangat dan mental wiraswasta. Terlebih, peserta banyak dari kalangan mahasiswa yang sudah bisa berpikir untuk menentukan jalan hidupnya.

“Pelatihan ini untuk membentuk kepekaan peserta agar bisa memikirkan sekian banyak jalan alternatif dalam memilih pekerjaan, seperti wirausaha atau (menjadi) seorang entrepreneur,” ujar Kak Budi saat dihubungi, Jumat (10/11).

Pelatihan ini paling tidak bisa menjadi pintu masuk bagi peserta untuk memperdalam hal-hal yang menyangkut kewirausahaan. Sehingga ke depan mereka bisa berpikir lebih serius lagi bagaimana bisa menciptakan pekerjaan untuk dirinya dan orang lain.

“Kalau lapangan kerja semakin sedikit, maka mereka akan berfikir bagaimana menciptakan pekerjaan. Tentu ini dengan wirausaha,” jelasnya.

Anggota Dewan Kerja Nasional (DKN) Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Yolanda menambahkan, pelatihan wirausaha ini akan mendatangkan pemateri yaitu Kak Diah Ivoni, purna DKN yang kini menjadi Ketua Wirausaha Muslim Jawa Barat. Kak Yola berharap pelatihan ini bisa membekas dalam hati dan pikiran seluruh peserta.

“Dengan pelatihan ini diharapkan peserta bisa menciptakan usaha di 34 provinsi dari daerahnya masing-masing,” terangnya.

Diketahui peserta Perkempinas adalah Pramuka Penegak dan Pandega putri usia 17-24 tahun. Mereka adalah Pramuka yang tercatat aktif di Gugus Depan. Rencananya, kegiatan ini akan diikuti 1.550 peserta, dan tahun ini ketiga kalinya Perkempinas diadakan Kwarnas.

Sejumlah tokoh dijadwalkan hadir, di antaranya Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault dan Menteri Koordinator PMK Puan Maharani. Ada pula Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, serta para tamu undangan dari Tim PKK, Pimpinan Kwarda Kaltim dan Kwarcab Balikpapan. (HA/AK)

Kirim Komentar

Agenda Kegiatan

No results found.

FACEBOOK

Twitter

adhyaksadault.info-kartun adhyaksa Olah Raga 3
Read previous post:
Asosiasi Pramuka ASEAN Melobi Akreditasi Lewat Kemlu RI

JAKARTA - Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Urusan Hubungan Luar Negeri Kak Brata T. Hardjosubroto dan Kak Hendra Henny Andries melakukan...

Close