Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA – Pelaksana tugas Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, sejak sebelum kemerdekaan organisasi kepanduan (sekarang Gerakan Pramuka) sudah ada dan mengakar di Indonesia. Sampai detik ini dan seterusnya, menurut dia, Pramuka selalu konsisten menjadi wadah masyarakat untuk pendidikan karakter anak.

Fadli menilai, pendidikan karakter di Pramuka itu disajikan dengan berbagai kegiatan menarik dan mengasyikkan. Misalnya belajar sambil bermain di luar ruangan atau di alam bebas. Karenanya, jika bicara revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), menurutnya Pramuka adalah jawabannya.

“Jadi pemerintah tidak perlu jauh-jauh. Kembangkan dan dukungan terus Gerakan Pramuka. Mendukung Pramuka berarti mendukung anak bangsa,” ujar Fadli saat menerima jajaran pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di Gedung Nusantara III DPR, Selasa (10/1/2018).

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengatakan, revolusi mental memang sudah menjadi ruh Pramuka sejak kelahirannya. Setiap hari selalu ada kegiatan kepramukaan di daerah yang terus menerus fokus mendidik anak-anak agar memiliki karakter dan pribadi yang kuat.

Setiap kali kunjungan ke daerah, atau di manapun berada, Adhyaksa selalu meyakinkan kepada publik, tidak ada satu pun Pramuka aktif yang memakai narkoba. Ini membuktikan, Pramuka adalah jawaban evolusi mental.

“Saya selalu menyampaikan kepada wartawan, kepada masyarakat, tidak ada Pramuka aktif yang terlibat narkoba. Coba cari, Pramuka aktif loh, saya yakin tidak ada,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Adhyaksa Dault melaporkan kinerja Kwarnas Gerakan Pramuka selama dua tahun ke belakang, seperti Jambore Nasional, Raimuna Nasional, Lomba Tingkat V, misi kemanusiaan Pramuka di Rohingya, Afrika, Palestina, dan sejumlah daerah di Indonesia. Termasuk promosi Pramuka untuk Indonesia di puncak-puncak dunia.

Fadli sangat mengapresiasi kinerja Kwarnas Gerakan Pramuka. Dia mengakui, kerja-kerja sosial di masyarakat yang sifatnya sukarela, Pramuka nomor satu. Saat melakukan kunjungan kerja di daerah, Fadli kerap melihat aksi-aksi Pramuka di lapangan.

“Peran Pramuka memang luar biasa, saya sering melihat Pramuka, kinerjanya menyangkut berbagai aspek, misalnya dalam penanganan bencana pasti saya lihat ada Pramuka di situ,” jelasnya.

Selain Adhyaksa, pertemuan juga dihadiri Sesjen Kwarnas, Rafly Effendi, Waka Ketua Kwarnas Bidang Orgakum Kodrat Pramudho, Waka Kwarnas Bidang BUMGP Ridjal J. Kotta, Waka Kwarnas Bidang Renbangma Marbawi, dan Bendahara Kwarnas Bagas Adhardirgha. (HA/AK)

Kirim Komentar

Agenda Kegiatan

No results found.

FACEBOOK

Twitter

adhyaksadault.info-kartun adhyaksa Olah Raga 3
Read previous post:
Foto: Dok. Humas Kwarnas
Fadli Zon: Peran Pramuka Luar Biasa, Harus Lebih Didukung

JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR RI Fadli Zon meminta pemerintah untuk selalu mendukung Gerakan Pramuka. Sebab, suka tidak...

Close