JAKARTA – Mantan Wakil Presiden Try Sutrisno akan hadir di acara Pulang Kampung, yaitu acara reuni Pramuka yang dulunya pernah aktif di Gugus Depan 437-438 Surapati, Jakarta Timur. Kak Try Sutrisno merupakan sesepuh di Gudep tersebut. Acara ini akan diadakan pada 14 Januari 2018.

“Kak Try Sutrisno dan istri adalah sesepuh di Gudep 437-438. Rencananya kita akan mengadakan reuni antara sesama alumni dengan tema Pulang Kampung,” ujar Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Binawasa, Kak Susi Yuliati, Selasa (9/1/2018).

Kak Susi mengatakan, saat ini Gudep
437-438 memang sudah tidak ada. Namun ia mengaku, semangatnya masih tetap ada. Para alumninya masih banyak yang aktif di Gerakan Pramuka, baik di tingkat Kwarnas, Kwarda, Kwarcab, maupun Kwarran.

“Kita sudah mau 40 tahun belum pernah kumpul. Tentu ada rasa rindu untuk kembali bertemu dan bersama,” jelasnya.

Sebagai alumni, Kak Susi dan teman-teman lainnya juga ingin mendengarkan nasihat atau cerita dari tokoh nasional Kak Try Sutrisno yang memiliki banyak pengalaman, khususnya menyangkut pendidikan kepramukaan sebagai benteng NKRI dan Pancasila.

“Kak Try Sutrisno nanti akan banyak bicara tentang Pramuka dan keindonesiaan. Sebagai anggota Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), Pak Try tentu punya harapan lebih kepada Pramuka sebagai benteng Pancasila,” jelasnya.

Dalam sesi diskusi, Kak Susi juga akan menyampaikan tentang perkembangan kepramukaan di Indonesia, dan tantangan yang dihadapi. Diskusi nantinya akan dipandu Kak Nungki Kusumastuti. “Bagi yang ingin berkenan hadir silakan, tempatnya di SD Kartika VIII, Kompleks Bulak Rantai, Kramat Jati, Jakarta Timur,” tandasnya.

Terkait dengan Gudep, Kak Susi tidak lupa mengajak kepada anak-anak Pramuka untuk ikut lomba video “Bakti Gugus Depan Untuk Indonesia” yang diadakan oleh Kwarnas Gerakan. “Kak Try Sutrisno yang sudah sepuh saja masih semangat di Pramuka, yuk kalian yang masih muda jangan mau kalah. Tunjukkan bakti Gudepmu untuk negeri melalui video pendek,” jelasnya.

Syarat dan ketentuan lomba video Gudep bisa dilihat lebih jelas di website pramuka.or.id. (HA/AK)

Kirim Komentar

Agenda Kegiatan

No results found.

FACEBOOK

Twitter

adhyaksadault.info-kartun adhyaksa Olah Raga 3
Read previous post:
Foto: Youtube.com
Pramuka ini Promosikan Potensi Kota Madiun, Apa Saja?

MADIUN – Pramuka Gugus Depan SMA Negeri 5 Madiun, Jawa Timur mempromosikan potensi Kota Madiun dalam sebuah video. Selain tempat...

Close