Ketua Kwarda DIY Kak GKR Mangkubumi saat menyerahkan buku berjudul “Meretas Jejak Sri Sultan Hamengku Buwono IX.” secara simbolis kepada Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault dan para Ketua Kwarda se-Indonesia yang hadir dalam Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) di Hotel Safari Garden, Cisarua, Bogor, Kamis (22/2/2018). | Foto: Dok. Humas Kwarnas

BOGOR – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menerbitkan buku berjudul “Meretas Jejak Sri Sultan Hamengku Buwono IX.” Ketua Kwarda DIY GKR Mangkubumi menyerahkan buku itu secara simbolis kepada Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault dan para Ketua Kwarda se-Indonesia yang hadir dalam Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) di Hotel Safari Garden, Cisarua, Bogor, Kamis (22/2/2018).

“Buku ini sebenarnya untuk profil Kwarda DIY, tapi memang lebih menceritakan bapak pandu, Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Ini edisi yang pertama buat Kwarda DIY, karena kita ingin menuliskan sejarah daripada Kwarda DIY dan bapak pandu dalam tulisan atau sebuah buku,” ujar GKR Mangkubumi di sela-sela Rakorsus, Kamis (23/2/2018).

Melalui penerbitan buku ini, kata GKR Mangkubumi, harapannya masyarakat dapat merajut kembali pengetahuan tentang sejarah kepramukaan.

“Mudah-mudahan ini bagian awal menginspirasi Kwarda yang lain dan juga Kwarnas untuk bisa menciptakan buku-buku yang lain yang tentunya bagian dari sejarah Pramuka di Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengapresiasi penerbitan buku ini. Menurutnya, buku ini harus dibaca oleh para anggota Gerakan Pramuka seluruh Indonesia. Banyak pelajaran dan keteladanan dari Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka pertama itu.

“Banyak kisah keteladanan dan Kak Sultan yang belum diketahui generasi sekarang. Karenanya, kehadiran buku Meretas Jejak Sri Sultan Hamengku Buwono IX, bapak Pramuka Indonesia yang ditulis Kak Prawoto Indarto, ini begitu penting. Terima kasih Kak Prawoto,” kata dia.

“Berdiri dan hidupnya Gerakan Pramuka di 34 Provinsi, 514 Kota Kabupaten hingga seluruh kecamatan, kelurahan dan sekolah-sekolah di Indonesia, bahkan di luar negeri, hal itu tidak terlepas dari peran Kak Sultan,” pungkasnya. (MSA/AK)

Kirim Komentar

Agenda Kegiatan

No results found.

FACEBOOK

Twitter

adhyaksadault.info-kartun adhyaksa Olah Raga 3
Read previous post:
Malam ini, Panglima TNI akan Membuka Rapat Kerja Nasional Gerakan Pramuka

BOGOR – Kwartir Nasional (Kwarnas) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka di Royal Safari Garden Hotel, Cisarua, Bogor pada...

Close