JAKARTA – Perubahan zaman tidak terhindarkan. Demikian juga dengan teknologi, terus mengalami perkembangan. Pembina Pramuka harus adaptif dan tidak boleh gagap dengan perkembangan dan kecanggihan teknologi.

Hal itu disampaikan Wakil Kepala Pusdiklatnas Gerakan Pramuka, Kak Septembri Yanti saat dihubungi Tim Siber Kwarnas Gerakan Pramuka terkait Training of Trainer (ToT) Pembina Pramuka SMA Provinsi. Kegiatan yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pembinaan SMA ini bertempat di Darmawan Park Hotel Rukun Senior Living pada 26 Februari – 1 Maret 2018.

“Pembina Pramuka tidak boleh gagap teknologi, harus berani berinovasi. Jangan takut salah tapi juga harus sadar diri dengan perubahan zaman. Antarkan generasi kita menuju Indonesia yang lebih baik karena mereka investasi kita di masa depan,” ucap Kak Septembri Yanti, Rabu (28/2/2018).

Menurut dia, kemampuan itu penting dimiliki oleh para pembina Pramuka yang kini menghadapi generasi Z. Selain itu, dalam acara Kemah Penguatan Karakter (Kepak) nantinya ada kegiatan membuat video reportase.

Kak Yanti juga berharap agar mereka dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan generasi Z ini. Terlebih, peserta didik sekarang dalam kesehariannya tidak bisa lepas dari teknologi.

Sementara itu, Direktur Jenderal Direktorat Pembinaan SMA, Kak Purwadi Sutanto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan sosialisasi, juga menyamakan persepsi dan melakukan koordinasi teknis pelaksanaan Kepak (Kemah Penguatan Karakter) tingkat provinsi, kabupaten/kota dan sekolah.

“Melalui kegiatan tersebut diharapkan Kepak dalam hal ini tingkat provinsi dapat dilaksanakan dengan lancar dan mencapai hasil yang optimal,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan ini diikuti pembina Pramuka perwakilan seluruh Provinsi di Indonesia. Setiap provinsi diwakili 4 (empat) orang, salah satunya Kapusdiklatda yang nantinya akan mengelola diklat pembina pendamping.

Setelah TOT Pembina Pramuka SMA ini, para peserta akan menjadi fasilitator Kemah Penguatan Karakter (Kepak) di masing-masing provinsi. Selanjutnya, para pemenang Kepak di setiap provinsi akan mengikuti Kepak tingkat nasional. (MSA/AK)

Kirim Komentar

Agenda Kegiatan

No results found.

FACEBOOK

Twitter

adhyaksadault.info-kartun adhyaksa Olah Raga 3
Read previous post:
Hibur Anak-anak Berkebutuhan Khusus, Aksi Pramuka ini Bikin Terharu

JAKARTA – Mereka juga punya impian. Begitu yang hendak disampaikan anggota Gerakan Pramuka SMA Negeri 3 Kota Pangaralam, Sumatera Selatan...

Close