Foto: Dok. Humas Kwarnas

BOGOR – Kemendikbud RI melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (SMA) menggelar Training of Trainer (TOT) Tim Pembina Pramuka SMA Provinsi di Rukun Senior Living, Sentul, Bogor pada 26 Februari – 1 Maret 2018. Rabu malam, 28 Februari 2018, kegiatan itu ditutup secara resmi oleh Kasubdit Peserta Didik, Kak Suharlan.

“TOT Tim Pembina Pramuka SMA Provinsi ini bertujuan mengkoordinasi, mensosialisasikan, memberikan bimbingan teknis, membentuk tim fasilitator, melatih calon pembina Pramuka SMA Provinsi dan menyusun rencana kerja untuk kegiatan penguatan karakter melalui pendidikan kepramukaan di tingkat provinsi,” ujar Kak Suharlan dalam sambutannya.

Menurutnya, Gerakan Pramuka menjadi sarana menciptakan generasi produktif. Karena itu, Pramuka adalah aset bangsa yang harus dipelihara terus. Kegiatan Pramuka di sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah kejuruan, tetap jalan terus.

“SMA ini paling seksi. Selalu terangkat ke permukaan, menjadi berita di media-media. Sehingga pendidikan karakter kepada siswa-siswi SMA ini diperlukan. Peran penguatan pendidikan karakter melalui pendidikan kepramukaan menjadi dibutuhkan,” ungkap dia.

Ketua Panitia, Kak Sularso melaporkan, peserta TOT berasal dari unsur Dinas Pendidikan Provinsi, Guru Pembina Pramuka SMA, Kwarda Gerakan Pramuka, dan Pusdiklatda Gerakan Pramuka seluruh Indonesia. Jumlahnya sebanyak 136 orang, sedangkan yang tidak hadir satu orang.

Kak Sularso juga mengapresiasi berbagai pihak yang turut menyukseskan kegiatan tingkat nasional tersebut. “Kegiatan ini sukses karena kerjasama semua pihak sesuai dengan tugas dan fungsi, serta kewenangan sehingga diperoleh hasil yang diharapkan,” ucapnya.

Setelah TOT Pembina Pramuka SMA ini, para peserta akan menjadi fasilitator Kemah Penguatan Karakter (Kepak) di masing-masing provinsi. Selanjutnya, para pemenang Kepak di setiap provinsi akan mengikuti Kepak tingkat nasional.

“Bulan Maret ini ada satu Provinsi mengadakan Kepak tingkat provinsi, bulan April satu provinsi, bulan Mei dua provinsi, Juli 9 provinsi, Agustus 15 provinsi, dan Oktober 3 provinsi. Lalu, terdapat 1 provinsi belum menjadwalkan Kepak tingkat provinsi,” pungkasnya. (MSA/AK)

Kirim Komentar

Agenda Kegiatan

No results found.

FACEBOOK

Twitter

adhyaksadault.info-kartun adhyaksa Olah Raga 3
Read previous post:
Setiap Hari, Pramuka Masak untuk Korban Bencana Brebes

BREBES - Aksi sosial yang dilakukan Satgas Pramuka Peduli dalam bencana banjir dan tanah longsor di Desa Capar, Kecamatan Brebes, tidak...

Close