Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Urusan Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) Kak Eko Sulistio saat mendatangi lokasi bencana tanah longsor dan banjir di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.(Foto: Dok. Humas Kwarnas)

JAKARTA – Penanganan bencana banjir dan longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem Kabupaten Brebes dilakukan Satgas Pramuka Peduli sampai batas waktu yang ditentukan oleh Basarnas. Artinya, Pramuka tidak meninggalkan tugas sebelum penanganan bencana itu selesai.

Hal itu disampaikan Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Urusan Abdimasgana Kak Eko Sulistio. Ia menuturkan, berdasarkan aturan Basarnas, penanganan bencana dilakukan minimal 7 x 24 jam atau satu minggu sejak bencana terjadi. Dalam bencana banjir dan longsor di Brebes, Basarnas sudah memutuskan untuk dihentikan.

“Alhamdulillah kita sudah melaksanakan tugas sampai batas waktu akhir yang diputuskan oleh Basarnas. Kita bersama relawan lain sudah diperbolehkan pulang,” ujar Kak Eko, Jumat (2/3).

Menurutnya, ada beberapa alasan kenapa proses evakuasi dihentikan. Pertama, medan masih cukup berat untuk dilalui, kedua faktor cuaca. Intensitas hujan masih tinggi. Kemudian, pihak keluarga korban sudah mengikhlaskan saudaranya yang sampai saat ini belum ditemukan.

“Banyak faktor kenapa evakuasi dihentikan, salah satunya faktor cuaca yang masih tinggi. Medan cukup berat, dan pihak keluarga korban sudah mengikhlaskan,” jelasnya.

Kak Eko mengungkapkan, masih ada tujuh korban yang belum ditemukan dalam bencana tanah longsor tersebut. Menurutnya korban tertimbun tanah dan bebatuan setinggi 20 meter. Belum lagi tanah berlumpur dengan kedalaman 10 meter, sehingga tidak bisa dijangkau dengan alat berat.

“Pramuka bersama BNPB, Basarnas, TNI, Polri dan masyarakat sudah melakukan kerja dengan maksimal. Artinya tidak ada Pramuka yang pergi meninggalkan lokasi sebelum proses pencarian dinyatakan selesai karena alasan tadi,” jelasnya. (HA/AK)

Kirim Komentar

Agenda Kegiatan

No results found.

FACEBOOK

Twitter

adhyaksadault.info-kartun adhyaksa Olah Raga 3
Read previous post:
Kwarnas Gerakan Pramuka Serahkan Bantuan kepada Keluarga Almarhum Peserta Rainas

RIAU - Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyerahkan bantuan sebesar Rp120 juta kepada orang tua almarhum Fajar Budi Irawan, Teguh Samidi...

Close