Foto: Dok. Humas Kwarnas

YOGYAKARTA – Pengurus Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mengunjungi kompleks pemakaman raja Keraton Yogyakarta di Imogiri, Bantul, Kamis (12/4). Kedatangan mereka dalam rangka nyekar di pusara Bapak Pramuka Indonesia, yaitu Sultan Hamengkubuwono IX yang dimakamkan di kompleks tersebut.

Tanggal lahir Sultan, 12 April, baru saja ditetapkan sebagai Hari Bapak Pramuka Indonesia oleh Kwarnas Gerakan Pramuka melalui SK Nomor 046 Tahun 2018 rentang Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia.

Sejumlah pimpinan Kwarnas hadir dalam prosesi nyekar itu. Di antaranya Waka Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Muda S. Budi Prayitno, Waka Kwarnas Bidang Organisasi dan Hukum Kodrat Pramudho, Waka Kwarnas Bidang Lingkungan Hidup dan Kesakaan Abdul Sobur, Waka Kwarnas Bidang Perencanaan Pengembangan dan Kerja Sama Marbawi, dan Waka Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Dewasa Susi Yuliati. Selain itu, ratusan Pramuka dari Kwartir Cabang se-Daerah Istimewa Yogyakarta juga hadir di upacara tersebut.

“Ini sebagai bentuk penghormatan terhadap orang yang sangat berjasa dalam Gerakan Pramuka, yaitu Sultan Hamengkubuwono IX. Beliau telah meletakkan dasar-dasar Gerakan Pramuka sehingga bisa seperti sekarang ini,” ungkap S. Budi Prayitno.

Acara diawali dengan prosesi tahlilan dan kirim doa kepada para leluhur Keraton, kemudian dilanjutkan dengan nyekar ke pusara raja-raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Yaitu Sultan Hamengkubuwono VII, VIII, dan Bapak Pramuka Indonesia, Sultan Hamengkubuwono IX.

“Semoga kita dapat mengenang jasa-jasa beliau dan meneladani ketokohan beliau,” pungkas Budi.

Peringatan hari Bapak Pramuka sebelumnya digelar di Pagelaran Keraton Yogyakarta, Rabu (11/4) malam dengan upacara renungan. Sejumlah tokoh hadir dalam acara itu, di antaranya Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault, Sultan Hamengkubawono X, dan Ketua Keadaan DIY GKR Mangkubumi. (AK)

Kirim Komentar

Agenda Kegiatan

No results found.

FACEBOOK

Twitter

adhyaksadault.info-kartun adhyaksa Olah Raga 3
Read previous post:
Empat Pesan Bapak Pramuka Indonesia untuk Sultan Hamengkubawono X

YOGYAKARTA - Selain sebagai negarawan, Sultan Hamengkubuwono IX juga dikenal sebagai Bapak Pramuka Indonesia. Hari lahir Sultan, 12 April 1912,...

Close