Drama Kolosal "Garuda Perkasa"

PULAU SEBATIK – Sebanyak 200 Pramuka asal Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara akan menampilkan drama kolosal berjudul “Garuda Perkasa” di Pembukaan Kemah Bela Negara (KBN) tingkat Nasional di pulau tersebut, Jumat (4/5). Mereka merupakan pelajar dari seluruh sekolah di Sebatik.

Kemah Bela Negara sudah dimulai sejak Rabu kemarin (2/5), namun baru akan resmi dibuka Jumat besok. Rencananya, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault akan membuka acara yang dihadiri sekitar 850 peserta dari seluruh Indonesia. Ini merupakan Kemah Bela Negara tingkat Nasional pertama. Sebelumnya, Kemah Bela Negara digelar di Jakarta pada 2015 lalu.

“Kemarin Bupati (Nunukan, Asmin), sudah meninjau langsung lapangan yang digunakan untuk pembukaan. Ada 200 Pramuka asli Sebatik yang akan menampilkan tari-tarian daerah dalam bentuk drama kolosal,” ungkap M. Laiyin, Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka urusan Pembinaan Anggota Dewasa di Sebatik (3/5).

Laiyin menjelaskan, saat ini peserta sudah berada di sub camp yang tersebar di empat desa di kawasan perbatasan dengan Malaysia. Mereka akan tinggal di rumah-rumah penduduk.
“Mereka akan melakukan observasi dan berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar. Ada empat fokus, yaitu pendidikan, ekonomi, sosial budaya dan pariwisata,” jelasnya.

Di samping itu, lanjut dia, peserta juga akan menginventarisir permasalahan yang dihadapi penduduk di perbatasan, untuk kemudian merekomendasikan solusinya kepada pemerintah. Apalagi, penduduk di perbatasan selama ini masih sangat bergantung dengan barang-barang dari Malaysia.

Diketahui, Kemah Bela Negara tingkat Nasional digelar di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara pada 2-7 Mei 2018. (AK)

Kirim Komentar

Agenda Kegiatan

No results found.

FACEBOOK

Twitter

adhyaksadault.info-kartun adhyaksa Olah Raga 3
Read previous post:
Adhyaksa Dault: Dulu Anak-anak Sebatik Lebih Hapal Lagu Negaraku Dibanding Indonesia Raya

PULAU SEBATIK – Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengungkapkan, daerah perbatasan seperti Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara...

Close