Menteri Agama Kak Lukman Hakim Saifuddin saat membuka secara resmi Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) se-Indonesia ke XIV tahun 2018 di bumi perkemahan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim, pada Kamis (3/5/2018) | Foto: Dok. Humas Kwarnas

PEKANBARU – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin resmi membuka Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) se-Indonesia ke XIV tahun 2018 di bumi perkemahan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim, pada Kamis (3/5/2018). Pembukaan  diwarnai dengan pemukulan kompang, dan pelepasan 66 ekor burung.

Dalam sambutannya, Lukman menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya PW PTK ke XIV se-Indonesia yang di gelar setiap dua tahun sekali. “Melalui even ini, saya berharap dapat menjadi washilah untuk memperteguh semangat persatuan dan kesatuan, memupuk nasionalisme dan patriotisme serta menebarkan paham dan ajaran agama yang moderat,” ujarnya.

Kepada para Mahasiswa Peserta PW PTKI, Menag bepersan agar menggunakan kesempatan perkemahan ini, untuk saling berbagi, membangun kesefahaman, mengaji dan mengkaji ilmu pengetahuan, melakukan riset dan rihlah ilmiyah serta meneguhkan komitmen pengabdian kepada masyarakat.

Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Bina Anggota Muda Budi Prayitno menambahkan, pendidikan Pramuka jika ditekuni serta diteladani dengan baik akan menjadi insan yang mampu mengelola diri sendiri, mengelola lingkungan, serta dapat mengelola negera seperti Menteri Agama Lukman Hakim yang juga dulu aktif di Pramuka.

“Semangat Pramuka adalah terus menyiapkan para generasi muda untuk menjadi pemimpin di masa akam datang. Belajarlah di Pramuka, tekuni dan teladani nilai-nilai pendidikan kepramukaan untuk bekal hidupmu kelak,” jelasnya.

Sementara itu, Dirjen Pendis dalam laporannya menyampaikan, PW PTK ke XIV tahun ini mengusung tema  “Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pengembangan Eco Culture Tourism” Perkemahan Wirakarya akan berlangsung  hingga tanggal 10 Mei 2018 mendatang. Adapun jumlah peserta yakni 1.500.

“Selama perkemahan, peserta akan melakukan homestay di sejumlah rumah penduduk sebagai tempat bhakti pramuka, tersebar di Desa Alam Panjang, Tambang, Kampar, Desa Aur Sati Kampar, Desa Okura, Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru dan Desa Limau Manis, Kampar,” jelasnya.

Selain lanjut dia, peserta juga akan dibekali pengembangan wawasan, di antaranya seminar media sosial oleh CEO Grab dan Bukalapak, workshop teknik photography, pengenalan media sosial untuk pendidikan, workshop pembuatan blog dan vlog, serta pelatihan pembuatan makanan khas daerah Riau.

Kegiatan lain yang akan berlangsung  selama PW PTK di antaranya; ethno carnival, giat bina damping, festival kuliner nusantara, pentas seni budaya nusantara, festival budaya, pertemuan Forum Rektor dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan, serta mendatangi wisata religi, edukasi, industri dan wisata sejarah di daerah Riau.

Pada acara pembukaan, tampak hadir Plt. Gebernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Kwartir Nasional, Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, sejumlah anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPINDA) Riau.

Kirim Komentar

Agenda Kegiatan

No results found.

FACEBOOK

Twitter

adhyaksadault.info-kartun adhyaksa Olah Raga 3
Read previous post:
Drama Kolosal “Garuda Perkasa” Meriahkan Pembukaan Kemah Bela Negara

PULAU SEBATIK - Sebanyak 200 Pramuka asal Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara akan menampilkan drama kolosal berjudul "Garuda Perkasa"...

Close