Kak Adhyaksa Dault saat berbuka puasa bersama pegiat dunia digital pamuka. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

JAKARTA – Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault berbuka puasa bersama anggota Komunitas Film Pramuka dan Tim Siber Kwarnas Gerakan Pramuka di kediamannya, Jalan Pangadegan Selatan No. 10, Jakarta Selatan, Senin (4/6/2018). Acara ini dihadiri 150 pegiat dunia digital Pramuka.

Adhyaksa Dault mengingatkan, banyak video meresahkan masyarakat beredar di media sosial. Mulai dari video berisi informasi hoax hingga video anak SD mencium paksa teman perempuannya. Orang tua pun resah melihat temuan tersebut.

“Potensi Pramuka ini besar sekali. Mereka kreatif-kreatif. Saya harap adik-adik dapat mewarnai media sosial dengan film-film pendek, video-video yang mendidik dan menginspirasi. Sehingga konten-konten positif dari Pramuka bisa mewarnai media sosial kita,” ujar Adhyaksa Dault.

“Jika ada yang mengatakan bahwa Pramuka hanya bisa masak dan berkemah saja, itu salah. Anggota Pramuka kreatif-kreatif, bisa buat film pendek, video-video inspiratif,” tambah pria berkumis ini.

Kwarnas Gerakan Pramuka telah mengeluarkan 10 tugas Pramuka di media sosial, yang jika diringkas akan menjadi empat poin. Pertama, memproduksi konten-konten yang benar dan bermanfaat untuk disebarkan lewat media sosial. Kedua, memberitakan kegiatan Gerakan Pramuka di media sosial. Ketiga, mempromosikan produk lokal, pariwisata, potensi daerah lainnya lewat media sosial. Keempat, membela Pancasila dan NKRI, dan mendorong perdamaian lewat media sosial.

Kwarnas Gerakan Pramuka adalah salah satu organisasi yang pertama kali membentuk Tim Siber di Indonesia, yaitu tahun 2014. Di tahun 2017 fokusnya adalah mendorong setiap Pramuka membuat konten, dengan tiga kegiatan utama yaitu (1) mengadakan pelatihan, (2) mengadakan lomba dan tantangan, serta (3) kampanye tagline setiap Pramuka adalah kantor berita.

Media sosial Kwarnas Gerakan Pramuka juga dikelola dengan serius, yaitu Instagram: @gerakanpramuka, @reportergerakanpramuka @postergerakanpramuka; Twitter: @kwarnas; Facebook: kwartir nasional gerakan pramuka; YouTube: gerakan pramuka. Website: www.pramuka.or.id. Untuk menampung berbagai tulisan dari Pramuka dibuatlah www.pramukapos.com. Lewat website ini setiap Pramuka bisa membuat akun dan mengunggah langsung tulisannya.

Ajakan orang nomor satu di Gerakan Pramuka ini disambut baik oleh para pegiat dunia digital Pramuka. Pendiri Komunitas Film Pramuka Dwi Nurwahyudi menyatakan terima kasih atas dukungan Adhyaksa Dault. Dukungan ini, tegas dia, sangat berarti bagi komunitas yang baru berdiri setahun belakangan untuk terus produktif berkarya.

“Alhamdulillah terima kasih dukungannya Kak Adhyaksa Dault. Mudah-mudahan kita terus belajar membuat video-video edukatif. Kita akan membuat film dokumenter pendek tentang Bapak Pramuka Indonesia, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, dengan narasumber Kak Adhyaksa Dault, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan GKR Mangkubumi,” pungkasnya.

Kirim Komentar

Agenda Kegiatan

No results found.

FACEBOOK

Twitter

adhyaksadault.info-kartun adhyaksa Olah Raga 3
Read previous post:
Pramuka SMKN2 Bawang Sumbang Rp81 Juta untuk Korban Gempa Kalibening

BANJARNEGARA – Pramuka SMK Negeri 2 Bawang, Banjarnegara belum lama ini menunjukkan kepeduliaannya kepada masyarakat terdampak bencana gempa bumi di Dusun...

Close