JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI bekerja sama dengan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menggelar Lomba Gugus Depan Unggul dan Festival Penggalang Ceria Sekolah Dasar Tingat Nasional 2018. Lomba ini diselenggarakan di Hotel Harris, Kota Malang pada tanggal 6-11 Agustus 2018.

“Setiap provinsi akan diikuti 21 orang dari satu Gugus Depan. Yang ikut Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan, utusan Kwarda 1 orang, Dinas Provinsi 1 orang, Pembina Putra 1 orang, Pembina Putri 1 orang, dan Pramuka Penggalang Putra dan Putri masing-masing 8 orang,” kata Emilia Susanti, dari Dirjen Dikdasmen, Direktorat Pembinaan SD Kemendikbud RI, Jumat (13/7/2018).

Lomba ini diikuti 34 Gugus Depan yang berpangkalan di SD terbaik hasil seleksi dari seluruh provinsi di Indonesia. Kemudian 34 Gudep Unggul Tingkat Provinsi itu bersaing untuk menjadi Gugus Depan Unggul Tingkat Nasional 2018 kali ini.

Sebelumnya, pada tanggal 2-6 Juli 2018, Tim Visitasi Lomba ini sudah turun langsung ke provinsi seluruh Indonesia untuk menilai dan memilih satu Gugus Depan yang berpangkalan di SD untuk berlaga di tingkat nasional. Setiap tim yang menilai di provinsi ini diwakili perwakilan dari Kwarnas Gerakan Pramuka, Kemendikbud dan Kwarda Gerakan Pramuka sebagai pendamping.

“Tujuannya adalah guna memberikan penghargaan kepada pengelola Gugus Depan yang telah berhasil mengelola dan mengembangkan Gugus Depannya, dengan memiliki keunggulan SDM; manajemen dan administrasi; dana, sarana, dan prasarana; kegiatan; proses; prestasi; dan kemitraan,” ungkap salah satu Tim Visitasi, Septembri Yanti.

Wakil Kepala Pusdiklatnas Gerakan Pramuka ini menambahkan, Lomba Gugus Depan Unggul dan Festival Penggalang Ceria ini sama seperti lomba tahun sebelumnya. Kegiatannya dibagi dua, yakni peserta dari unsur orang dewasa yakni Kamabigus dan pembina gudep akan berkompetisi dalam Lomba Gugus Depan Unggul dengan materi lomba presentasi cerita terbaik pengelolaan, pameran keunggulan, dan presentasi pengembangan Gugus Depan.

Sementara peserta didik, Pramuka Penggalang akan berkompetisi dalam 12 ragam lomba keterampilan melalui Festival Penggalang Ceria. Yaitu: Lomba Tata Laksana Perkemahan; Lomba Pionering Projek Gapura Perkemahan; Lomba Kemampuan Indera Manusia; Lomba Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK); Lomba Teknologi Tepat Guna; Lomba Sandi dan Isyarat; Lomba Membuat Poster; Lomba Kemampuan Ilmu Menaksir; Lomba Yel Ceria; Lomba Sirkuit Ketangkasan; Lomba Menulis Logbook; dan Kuis Ceria Siap Sedia.

Lomba Gugus Depan Unggul dan Festival Penggalang Ceria yang digelar di Kota Malang tahun 2018 ini merupakan tahun ketiga. Sementara untuk tahun pertama digelar di Bali pada tahun 2016, dan untuk tahun kedua digelar di Bogor pada tahun 2017. (MSA/AK)

Kirim Komentar

Agenda Kegiatan

No results found.

FACEBOOK

Twitter

adhyaksadault.info-kartun adhyaksa Olah Raga 3
Read previous post:
Rusli Habibie Dilantik Sebagai Ketua Mabida Gerakan Pramuka Gorontalo

GORONTALO – Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault melantik Gubernur Provinsi Gorontalo Rusli Habibie menjadi Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida)...

Close