JAKARTA – Sebanyak 500 lebih anggota Gerakan Pramuka melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (5/8/2018). Ziarah dalam rangka menyambut Hari Pramuka ke-57 ini juga dihadiri Adhyaksa Dault dan beberapa Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka.

Dalam kegiatan itu, mereka melakukan upacara penghormatan, lalu berdoa dan melakukan tabur bunga ke sejumlah makam pahlawan. Di antaranya, Letnan Jenderal TNI M. Sarbini Martodiharjo (Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka periode 1974–1978), Jenderal TNI Ahmad Yani (Pahlawan Revolusi), dan sejumlah makam pahlawan lainnya.

“Jasa-jasa para pejuang, pahlawan, sangat besar. Mereka itu gigih dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia,” ungkap Faqih, siswa kelas 2 SMP di Al Khairiyah, Jakarta.

Faqih mengaku mengidolakan Presiden pertama RI Soekarno dan Jenderal Sudirman. Menurut dia, Soekarno menguasai berbagai bahasa. Sementara panglima pertama TNI itu sangat gigih dalam berperang dan tidak takut kepada para penjajah.

Hal senada disampaikan Safira Nurjannah, siswi SMP 26 Jakarta. Ia mengaku baru pertama kali ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

“Keren perjuangan para pahlawan kita. Anak-anak perlu ziarah ke makam pahlawan biar tahu siapa saja pahlawan dan jasa-jasanya,” kata siswi yang mengidolakan Jenderal Ahmad Yani ini.

Durini, siswi Miftahul Umam, mengaku bangga bisa ziarah di makam pahlawan Kalibata. “Para pahlawan adalah orang-orang yang berjasa sudah membela Indonesia mati-matian,” tutupnya. (MSA/AK)

Kirim Komentar

Agenda Kegiatan

No results found.

FACEBOOK

Twitter

adhyaksadault.info-kartun adhyaksa Olah Raga 3
Read previous post:
Jadi Kader Pengaman Makanan, Pramuka NTT Teken MoU dengan BPOM

JAKARTA - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) pada 3-5 Agustus 2018...

Close