BOGOR – Wakil Ketua Kwartir Nasional Bidang Renbangma Kak Marbawi Katon menyambut baik kegiatan Pertemuan Pramuka Peduli Tingkat Nasional di Lanud Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat, 7-9 September 2018. Dia berharap kegiatan ini semakin memantapkan jati diri Pramuka sebagai relawan.

Kak Marbawi mengatakan, tidak ada satu pun lembaga, perusahan, parpol, atau ormas yang memiliki spirit kerelawanan seperti Gerakan Pramuka. Namun, sayangnya kata dia, kerelawanan di Pramuka baru menjadi sifat, belum menjadi sebuah gerakan nasional.

“Kerelawanan di Pramuka baru menjadi sifat yang bersifat pribadi belum menjadi gerakan nasional. Ini PR-nya. Buat rekomendasi yang bagus, jadikan sifat kerelawanan kita menjadi sebuah gerakan yang besar yang bisa mengembalikan semangat dari jiwa besar bangsa kita, yaitu gotong royong,” ujar Kak Marbawi, Jumat (7/9/2018).

Demikian juga spirit volunterisme yang dimiliki Pramuka yang menurutnya baru sebatas kegiatan, belum menjadi sebuah gerakan nasional yang rapi. Pramuka Peduli, kata dia, memiliki tugas mengimplikasikan kegiatan volunterisme dari kegiatan menjadi gerakan.

“Kiprah Pramuka yang paling utama adalah di publik. Dan kiprah itu yang disebut dengan kerelawanan. Jika kita bisa berhasil menjadikan gerakan itu, saya yakin kita bisa mengembalikan lagi kejayaan bangsa kita di masa lalu,” jelasnya.

Sementara itu, Laksda TNI Lutfi Saefullah mengatakan, pertemuan Pramuka Peduli Tingkat Nasional diharapkan menghadirkan sifat kepedulian di berbagai hal, bukan hanya sebatas kebencanaan. Namun kepedulian Pramuka untuk bangsa dan negara harus diwujudkan dalam segala aspek.

“Pramuka harus terus peduli terhadap berbagai persoalan bukan hanya kebencanaan, tapi peduli terhadap persoalan ideologi bangsa, kemiskinan, pendidikan, lingkungan, kemasyarakatan dan sabagainya,” ujar Kak Lutfi.

Pertemuan Pramuka Peduli Tingkat Nasional dihadiri 100 perwakilan Satgas Pramuka Peduli dari seluruh Indonesia. Selain untuk meningkatkan kepedulian dan keterampilan, kegiatan ini juga memberikan kesempatan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman guna menguatkan manajemen Satgas Pramuka Peduli di setiap Kwartir. (HA/AK)

Kirim Komentar

Agenda Kegiatan

No results found.

FACEBOOK

Twitter

adhyaksadault.info-kartun adhyaksa Olah Raga 3
Read previous post:
Baden Powell Layak Dapat Nobel

BOGOR - Bapak Pramuka Dunia Baden Powell dinilai layak mendapatkan Penghargaan Nobel. Sebab, Baden Powell dianggap telah banyak memberikan kontribusi...

Close